Lombok Trip 2018 – A Thrilling trip across the Ocean

IMG_7758

A boat ride of our lives.

Semenjak memutuskan untuk ngetrip antar pulau, kekhawatiran terbesar gue adalah menyebrang dari satu pulau ke pulau yang lainnya. Secara gue belum pernah menaiki kapal apapun dengan durasi lama untuk menyebrangi pulau dan kemampuan berenang gue yang mengkhawatirkan memperparah semuanya. Menurut riset yang gue dan Asa lakukan sebelum berangkat, kami bisa memilih beberapa alternatif dari moda transportasi yang tersedia.

  1. Pilihan yang paling murah adalah dengan menaiki Public Ferry yang tersedia dari Pelabuhan Padang Bai menuju Pelabuhan Lembar di Lombok dengan waktu tempuh 6 jam. Dengan harga tiket penyebrangan Rp46.000 dan durasi waktu sepanjang itu memang sepadan.
  2. Pilihan ke dua adalah dengan menaiki pesawat yang harganya lebih mahal hampir 10x lipat dari public ferry. Durasi penerbangannya memang hanya satu jam, tapi kebayang nunggu lama untuk cek-in, urus-urus bagasi, dan nunggu boarding.
  3. Pilihan terakhir adalah menggunakan Fast Boat dari Pelabuhan Padang Bai. Fast Boat ini bagaikan bus wisata di atas air karena jasa mereka berhenti di beberapa pelabuhan pusat keramaian wisata, di antaranya adalah Pelabuhan Senggigi, Pelabuhan Gili Air, dan Pelabuhan Gili Trawangan. Harganya tidak jauh beda dengan pesawat terbang dan tergantung tujuan.

Akhirnya pilihan kami jatuh pada Fast Boat dengan pertimbangan tujuan kami selanjutnya adalah Gili Trawangan. Kami memilih agen kapal dengan nama Golden Queen dengan bantuan agen tur kami yang dari Lombok. Dengan harga Rp350.000,- kami sudah difasilitasi dengan mobil penjemputan yang yahud dari hotel serta jasa kurir untuk mengangkat barang-barang kami dari tempat menunggu ke kapalnya. Bapak kurirnya sampai menolak untuk dikasih tips bahkan. That was the first time we were refused for giving tips. 

20180228_074656

Sticker penanda tujuan.

Jadwal keberangkatan kapal dari Padang Bai hanya ada pagi hari pukul 9.30 pagi, namun nyatanya kami masih harus menunggu sekitar satu jam sebelum kapal bersandar dan berangkat. Katanya sih antrian untuk sandaran kapal di pelabuhan cukup padat. Selama waktu tunggu tersebut, kami sempat berkeliling pelabuhan untuk mencari sarapan. Ternyata di sana banyak kantor-kantor kecil tempat agen penyebrangan. Bukan hanya ke Lombok, mereka juga menyediakan penyebrangan ke Nusa Lembongan dan Nusa Penida.

Begitu ada pengumuman kapal sudah akan bersandar, gue yang tidak bisa berenang ini bukannya takut tapi malah excited. Apalagi kapal yang didominasi warna emas tersebut terlihat fancy, mentereng, dan yang penting aman. Para awak kapal dibantu kurir menaikan barang yang telah diberi tanda terlebih dahulu sesuai dengan tujuan masing-masing agar tidak tertukar dan ribet ketika turun. Giliran para penumpang yang masuk setelah pemeriksaan boarding pass. Keren kan? Boarding Pass-nya sih hanya berupa kartu ID semacamnya, tapi tetap saja menurut gue hal tersebut mencerminkan keteraturan dari pengelola.

Masuk ke badan kapal, deretan kursi dengan masing-masing empat buah di kedua sisinya menyambut kami. Hari itu penumpang sepi, jadi kami bebas untuk duduk di mana saja. Awalnya kami hendak tinggal di lambung kapal, namun begitu kapal mulai meninggalkan pelabuhan, para awak kapal mempersilakan penumpang untuk duduk di dek kapal. Who’d say no to that? Tanpa pikir panjang kami langsung ke luar dan memanjat tangga melalui belakang kapal menuju dek.

Tell you what, this trip was worth every penny we paid the moment we stepped on the deck. The view of the ocean was incredible! Never had I surrounded by so much water and felt so happy instead of scared. Ditambah cuaca hari itu sangat bersahabat (red- PUANAS tapi cerah). Di sebelah kiri, kami melihat deretan bukit yang menjadi batas pulau Bali serta Gunung Agung yang menjulang tinggi sementara di sebelah kanan hanya lautan biru yang luas. Kami memilih tempat duduk paling belakang karena di depan sudah penuh. Awak kapal memutar musik EDM yang super kuenceng sampe ngalahin suara deburan ombak, angin, dan mesin dari kapal. It was like partying on a luxury boat. If you drink beer, they provide some of bottles of it as well but they aren’t free unlike the candy that they gave us. 

20180227_104759

Para awak kapal yang baik sempat mengingatkan gue dan Asa untuk turun saja dan menunggu di lambung kapal karena cuaca cerah saat itu bisa bikin kulit gosong, tapi kami menolak karena kesempatan ini mungkin hanya akan datang sekali dan saat itu juga. Jadi kami bertahan sembari duduk-duduk cantik menikmati guyuran cahaya matahari dan hembusan angin laut. Kata awak kapal kalau kami sedang beruntung kami bisa melihat lumba-lumba di sela-sela perjalanan, tapi hari itu kami tidak menjumpai lumba-lumba.

Jika perjalanan menyenangkan berapa lama pun durasinya tidak akan terasa. Satu jam lima belas menit kemudian kami sampai di tujuan pertama, Pelabuhan Senggigi. Kami saat itu sudah turun ke lambung kapal dan tidak naik lagi. Malah tidur karena ngantuk kena angin laut. XD Di samping menurunkan penumpang, mereka juga turut menaikan penumpang yang hendak ke tujuan selanjutnya.

Kurang dari tiga puluh menit kemudian, kapal kami sudah tiba di Pelabuhan Gili Trawangan. Ketika akan bersandar, kami melihat banyak ubur-ubur bening dan biota laut lainnya mengelilingi kapan. I didn’t know why but I felt beyond happy that time. Pengaruh nggak pernah lihat mereka dari jarak dekat meski gue tumbuh di daerah pantai. Ketika turun dari kapal, penumpang disediakan tangga untuk mempermudah transisi. Koper-koper kami sudah menunggu di pantai karena sudah diangkat oleh para awak kapal. Kami pun sampai di Gili Trawangan dengan selamat, senang, dan terpuaskan.

***If you want to know more about the fast boat service we used, here are the link to their website Golden Queen Fast Boat It is better to book the trip from an agent or directly at their office thou. I think It’ll be cheaper than the price from the website. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s