MotoGP 2017 – Spanish GP Review

Spanish GP

All Spanish podium in #SpanishGP (photo courtesy of motogp.com)

Dani Pedrosa proves himself once again that he is worthy of the championship title.

Seri ke empat gelaran MotoGP 2017 di Sirkuit Jerez telah rampung digelar akhir pekan kemarin. Seri tersebut sekaligus menandakan balapan ke 3000 semenjak balap motor di kasta tertinggi pertama kali digelar pada tahun 1949. Keistimewaan yang setara dirasakan oleh Dani Pedrosa yang penampilannya gemilang semenjak latihan bebas (Free Practice – FP) pertama dilaksanakan.

Sebelum sampai di hari Minggu untuk balapan, Dani sudah menebar ancaman dengan menjadi yang tercepat di seluruh latihan bebas kecuali FP4. Pembalap kelahiran Sabadel, Spanyol tersebut bahkan berhasil meraih pole position dengan selisih catatan waktu 0,049 detik dengan Marc Marquez. Hasil yang sangat menakjubkan mengingat pole position terakhir yang diraihnya adalah pada gelaran Malaysian GP tahun 2015.

Tiba saat hari balapan, sebagian orang justru menjagokan rekan satu tim-nya ketimbang Dani sendiri. Mengingat catatan di beberapa balapan ke belakang The Little Samurai penampilannya selalu menurun menjelang lap-lap akhir. Apa yang diragukan oleh para penggemar balapan ternyata tidak terbukti karena Dani melesat memimpin dengan penampilan sempurna dan tanpa celah dari lap awal sampai rampungnya balapan di lap 28. Tercatat hanya Marc yang mampu mengejar dan menyalipnya di lap awal, namun setelah itu dia langsung menjauh dan tidak terkejar.

Dengan kemenangannya, Dani banyak mencatatkan sejarah. Diantaranya adalah menjadi pemenang seri ke 3000 yang digelar MotoGP, dan meneruskan jejak Angel Nieto yang menjadi pemenang seri ke 1000, dan Mick Dohaan yang memenangi seri ke 2000. Dirinya juga membukukan kemenangan ke-100 bagi tim yang sudah menaunginya selama karir balapnya di MotoGP, Repsol Honda. Dani juga menjadi salah satu pembalap yang selalu mencatatkan paling tidak satu kemenangan di setiap musim balapan yang dia jalani. Dengan semua pencapaian itu, wajar jika Dani tidak kuasa membendung haru ketika di podium. Terlebih Dani juga membuktikan pada khalayak ramai bahwa dia masih masuk dalam hitungan kandidat calon peraih gelar juara musim 2017 di antara nama-nama besar yang sudah terlihat memenuhi ekspektasi.

Selain Dani yang berhasil membuktikan kapasitasnya sekali lagi, penampilan gemilang juga ditunjukan oleh Jorge Lorenzo yang berhasil menyelesaikan balapan di posisi tiga. Dirinya berhasil meredam Johann Zarco yang kembali menunjukan performa cemerlang di balapan kali ini. Dengan pencapaian tersebut, Jorge membuat pernyataan bahwa keputusannya untuk pindah ke Ducati tidak disesalinya dengan merayakan podium tiga dengan riang terlebih setelah apa yang terjadi di tiga seri sebelumnya. Ini juga yang diharapkan para penikmat balapan agar pabrikan asal Italia tersebut meramaikan persaingan di grup motor dan pembalap tercepat.

Sementara Valentino Rossi dan Maverick Vinales dengan Yamaha mereka tampil kurang memuaskan dan hanya menyelesaikan balapan diurutan 10 dan 6. Vale yang bahkan terpuruk di barisan belakang tidak berdaya disalip oleh beberapa pembalap yang naturalnya memiliki tunggangan lebih lambat. Kabar dari post-race interview masalah dengan ban yang mencegah mereka untuk memngeber motor dengan maksimal.

Dari hasil tersebut, Vale masih memimpin klasemen dengan raihan poin 62 diikuti oleh Maverick dan Marc dengan selisih masing-masing 2 poin. Dani dengan kemenangannya juga berhasil mengangkat posisinya ke urutan empat dan hanya berjarak 6 poin dari Marc dan 10 poin dari puncak klasemen. Gelar juara masih terbuka untuk siapapun di antara mereka yang memiliki konsistensi tinggi dan ritme yang baik dalam menjalani sisa 14 seri balapan ke depan. Also, maybe a little bit of luck?

Advertisements

4 thoughts on “MotoGP 2017 – Spanish GP Review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s