MotoGP 2017: Americas GP Review

Photo Courtesy of @motogp

Marc Marquez remains as The King of Texas.

Maverick Vinales berada di atas angin saat dia datang ke Circuit of the Americas (COTA) dengan modal dua kemenangan beruntun di dua seri pertama MotoGP digulirkan. Kepercayaan dirinya tengah meningkat hingga dirinya pun digadang-gadang akan mengambil alih tahta yang sudah empat musim berturut-turut dipegang oleh sang juara dunia musim ini, Marc Marquez. Selama latihan bebas ancaman demi ancaman dilancarkan oleh Vinales dengan menjadi yang tercepat di FP2 dan FP4 meski dirinya luput dari pole position yang didapat oleh Marquez dan hanya menempati posisi kedua. Semua orang sudah mengharapkan pertarungan sengit antara keduanya untuk memperebutkan podium tertinggi, tapi tidak ada yang tahu apa yang terjadi di race day ternyata sangat berbeda dari apa yang orang-orang harapkan.

Kejutan datang dari Dani Pedrosa yang memulai balapan dari posisi 4. Dia langsung melesat memimpin balapan sejak tingkungan pertama. Pedrosa dibuntuti oleh Marquez, Valentino Rossi, Vinales, dan Johann Zarco sebagai pelengkap lima besar. Melewati lap kedua, Vinales tiba-tiba menghilang dari barisan lima besar dan diketahui telah berada di gravel. Vinales jatuh di tingkungan 18 dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Pedrosa berhasil memimpin hampir separuh dari jalannya balapan yang berjumlah 21 lap. Namun Marquez yang terus membuntutinya mulai membuka perlawanan hingga akhirnya Marquez berhasil memimpin pada lap 9. Pedrosa sempat melancarkan serangan balasan, namun Marquez terlalu kuat hingga akhirnya Marquez membuka jarak sementara Pedrosa harus berurusan dengan Rossi yang sudah tidak lagi diganggu oleh Zarco.

Tekanan yang Rossi rasakan dari Zarco sebenarnya lebih dari sekedar membuntuti. Pada lap 6 sebelum Marquez memimpin balapan, Zarco mencoba menyalip Rossi dari sisi dalam dengan mengambil racing line Rossi secara mendadak. Rossi yang terkejut melihat serangan nanggung Zarco mau tidak mau harus menjauh dan membuang dirinya sendiri dari tingkungan tempatnya disalip. Dari apa yang dilihat kamera, impact dari kejadian itu membuat Rossi dianggap memotong gap cukup banyak terhadap Marquez yang ada di depannya. Salah satu alasan yang membuat Race Direction memutuskan memberi penalti waktu sebanyak 0.3 detik di akhir balapan.

Sepanjang separuh terakhir balapan, hal ini tidak henti-hentinya dibahas oleh para komentator terlebih Nick Harris dan Matthew Bird tidak setuju dengan penilaian Race Direction mengingat Rossi tidak punya escape route untuk selalu berada di trek. Apalagi ketika Rossi mulai mengancam Pedrosa untuk merebut tempat kedua. Jika Rossi saat itu performanya tidak sebagus kemarin yang berhasil membukukan jarak 2 detik di depan Pedrosa, penalti 0.3 poin itu bakal jadi kontroversi yang membelah people’s opinion dan tidak akan kalah menarik dari kontroversi-kontroversi lain yang terjadi antara The Doctor vs. Pembalap lain/Race Direction. Podium dua pun masih menjadi milik Rossi dengan Pedrosa yang cukup puas berada di podium tiga.

Sementara Marquez masih menjadi King of COTA dengan mengantongi lima kemenangan berturut-turut sepanjang karirnya di MotoGP, Rossi dengan penampilan konsistennya di tiga seri pertama kini memuncaki klasemen sementara dengan jumlah poin 52. Dia mengungguli Vinales yang terpaksa pulang dengan tangan kosong dari Texas dengan selisih 2 poin dan Marquez yang baru mengantongi 38 poin. Meski Rossi mengaku setengah tak percaya dirinya memimpin klasemen, mungkin saja jalan menuju gelar Juara Dunia ke-10 yang diinginkan dirinya dan seluruh penggemarnya mulai dari sini. Dia hanya perlu konsisten dan menunggu para rivalnya membuat kesalahan seperti apa yang dilakukan Marquez dan Vinales di seri 2 dan 3.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s