Prosedur Pembuatan Paspor Online (Per Mei 2014)

Paspor merupakan identitas yang sahih saat kita hendak berpergian keluar negeri. Maka saat gue memutuskan untuk pergi ke Sepang bulan Oktober tahun ini untuk menyaksikan gelaran balapan MotoGP yang sudah gue impikan semenjak SMA, keputusan itu harus dibarengi oleh pembuatan paspor agar nantinya kita sukses melewati pemeriksaan dari pihak Imigrasi negara yang dituju.

Sebelum membuat paspor, gue yang masih culun berusaha bertanya sana-sini, browsing di internet, dll untuk mencari informasi tentang pembuatan paspor. Kebanyakan dari mereka sudah membuat paspor sejak lama. Jadi informasi yang gue dapat dari mereka sama sekali berbeda dari prosedur pembuatan paspor sekarang. Disini gue akan menjelaskan pengalaman gue dalam membuat paspor terutama melalui online.

Hal pertama yang gue siapkan adalah scan dari KTP, akta kelahiran, dan kartu keluarga menjadi file jpeg warna grayscale (tidak boleh berwarna). Saat semuanya sudah siap, gue masuk ke website http://www.imigrasi.go.id, mengklik Layanan Public lalu Layanan Paspor Online. Setelah terbuka halaman baru, gue klik Pra-permohonan Personal lantas muncul halaman formulir. Gue memilih Paspor Biasa pada tab Jenis paspor kemudian memilih 48H Perorangan. Selanjutnya tinggal diikuti prosedur pembuatan di websitenya.

Setelah selesai mengisi data yang sesuai dengan kartu identitas, gue menerima surat pengantar pembayaran ke bank yang dikirim ke alamat email yang gue daftarkan ketika mengisi data. Lantas mencetak surat tersebut, lalu melakukan pembayaran ke bank yang sudah ditentukan. Gue waktu itu melakukan pembayaran di Bank BNI. Biayanya sendiri sebesar Rp. 255.000,- karena gue memilih paspor yang 48H. Lalu setelah membayar gue diberi kuitansi yang berisi nomor yang diperlukan untuk melanjutkan prosedur pendaftaran online di website imigrasi.

Setelah melengkapi pendaftaran online, gue kembali dikirimi email yang berisi surat pengantar perihal kapan gue harus datang ke kantor imigrasi yang telah gue pilih ketika mendaftar untuk melakukan foto, wawancara, dan pengecekan kelengkapan berkas. Oh iya, didalam surat itu terdapat formulir yang harus dilengkapi. Gue sarankan untuk mengisinya di rumah agar ketika sudah di kantor imigrasi, tidak perlu repot-repot lagi untuk mengisi. Tidak lupa gue juga membawa berkas asli beserta fotocopy-nya juga kuitansi pembayaran dari bank.

Selanjutnya gue datang pada tanggal yang sudah ditetapkan. Untuk menghindari antrian panjang di KanWil Jakarta Selatan, gue datang pagi-pagi buta dan langsung mengantri di depan pintu masuk kantor imigrasi karena tidak diperbolehkan masuk kantor sampai pukul 7.45. Sebelum masuk, gue diberi tahu oleh petugas untuk mersiapkan berkas asli yang gue punya karena akan diperiksa sebelum mengambil antrian. Antrian sendiri dibedakan antara manula/balita/ibu hamil, pendaftar manual, dan pendaftar online. Hal tersebut yang membuat antrian tidak terlalu panjang. Tidak sampai menunggu 15 menit gue dipanggil untuk wawancara dan foto. Wawancara sendiri hanya pertanyaan prosedural, seperti untuk apa membuat paspor, mau kemana, dll. Setelah itu, gue diberi tahu kapan harus mengambil paspor yang sudah jadi.

Empat hari kerja adalah batas waktu menunggu untuk mengambil paspor. Gue sarankan untuk mengambil paspor dihari dimana anda diharuskan mengambil paspor anda yang sudah jadi. Jika terlambat beberapa hari, anda akan berurusan dengan bagian informasi dan ditanya-tanya terlebih dahulu perihal kenapa anda terlambat mengambil paspor dan itu membutuhkan waktu lumayan lama seperti gue kemarin. Paling telat mengambil paspor 30 hari setelah foto dan wawancara. Jika tidak, paspor anda akan hangus dan anda harus daftar kembali.

Demikian pengalaman gue membuat paspor di KanWil Jakarta Selatan, mudah dan praktis jika kita mengikuti prosedur. Semoga bisa memberi manfaat untuk kalian para calon traveler atau siapapun yang hendak berpergian ke luar negeri dan baru akan membuat paspor. Cheers!

Leave a Reply

