A Sideway Glance – Komedi a la MotoGP

Official MotoGP Logo

Official MotoGP Logo

Balapan MotoGP sangatlah identik dengan keliaran yang dipertontonkan di jalanan yang didesain khusus untuk saling bermanuver antara satu pembalap dengan pembalap lainnya menggunakan motor berat dengan kecepatan yang nyaris menyaingi pesawat jet. Beberapa pelakunya cenderung terlihat misterius dan hanya membicarakan apa yang berhubungan dengan balapan atau mesin dari tunggangan mereka ketika berhadapan dengan media. Namun tahukah anda bahwa belakangan MotoGP melakukan inovasi yang luar biasa untuk memasukan unsur komedi kedalam ajang yang hampir selalu membawa ketegangan jika ditonton?

Adalah program dengan tajuk A Sideway Glance yang berhasil menguak betapa busuknya kelakuan orang-orang yang berkecimpung dalam dunia MotoGP di luar urusan mereka bermanuver di atas sirkuit atau mengotak-atik mesin motor dengan para mekanik mereka. A Sideway Glance pertama kali diluncurkan pada musim 2013 dengan merilis satu video feature berdurasi kurang lebih 3 menit untuk masing-masing seri yang dilakoni oleh para pembalap di chanel Youtube resmi MotoGP. Entah orang gila mana yang mencetuskan ide untuk menggabungkan beberapa adegan lucu para pembalap, kru, umbrella girls, bahkan penonton yang berhasil tertangkap oleh kamera official MotoGP. Dari mulai wawancara Jorge Lorenzo di Indianapolis yang tidak kunjung selesai karena Lorenzo selalu tertawa setiap hendak menunjukan tampang serius di depan kamera, Dani Pedrosa yang “malu-malu” ketika dirinya diminta foto bersama dengan Monster Girls sebelum podium di Brno (Oh, dan gue sangat mengingat ucapan Pedrosa tentang “Best part of the race” setelah sesi foto selesai X-D), Valentino Rossi yang dipanggil “Jorge” oleh wartawan ketika akan di wawancara di Valencia, dan tentu saja aksi Marc Marquez yang menari dan berloncat-loncat seperti kanguru di podium Valencia setelah dia dinobatkan menjadi juara dunia. I swear to God, Marquez is such an innocent (yet sometimes annoying in a goodway) kid when he is off his bike.

Motogp Sideway Glance

Enjoying myself watching the those videos

Selain tingkah polah konyol para pembalap dan seluruh elemen pendukung MotoGP, ada satu orang lagi yang mampu menambah kadar kelucuan di video itu dari hanya sekedar komedi kemudian meningkat menjadi lelucon yang amat sangat absurd. Sang narator, Gregory Haines, adalah suara dibalik kalimat-kalimat lucu yang mengiringi kumpulan adegan konyol sepanjang video berjalan. Disamping tim kreatif yang pandai merangkai naskah dan adegan-adegan di video, Haines berhasil menghidupkan unsur komedi di video melalui rangkaian ucapannya yang terdengar begitu spontan. Tanpa narasinya, MotoGP Sideway Glace tidak akan selucu ini. He is as funny as hell!

Sebenarnya masih banyak sekali hal-hal lucu yang akan membuat siapapun yang menonton video itu tertawa terpingkal-pingkal. Rangkaian-rangkaian video inilah yang berhasil mengangkat sisi lain dari dunia keras MotoGP yang tidak akan pernah diduga oleh penonton layar televisi. Semua video Sideway Glance mempunyai kadar kelucuan dan keunikan sendiri-sendiri. Namun gue mempunyai satu video favorit diantara belasan Sideway Glance video yang sudah dirilis oleh MotoGP. Episode Motegi 2013 adalah yang terlucu menurut gue. Berkali-kali gue menonton video itu tidak pernah sekalipun gue kehilangan tawa yang membuat perut keram. “Kursi berjalan” milik Pedrosa adalah juaranya. Bahkan tanpa narasi dari Haines pun bagian itu tetap lucu. X-D

Sebagai fans MotoGP yang sudah mengikuti jalannya balapan dari tahun 2006, Sideway Glance membawa angin segar bagi gue. Terlebih semakin monotonnya balapan di trek akibat total dominance dari Marquez (Enggak, gue nggak nyalahin Marquez koq), Sideway Glance bisa membuat setiap seri MotoGP layak untuk ditunggu dan disaksikan. Harapan gue ajang balapan lain bisa seperti MotoGP yang menampilkan sisi lain dari kompetisi . Formula1 misalnya, gue yakin isi video-nya kebanyakan tingkah akward Kimi Raikkonen. X”)))

Keep up the good work MotoGP crew! 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s