UEFA Champions League Knock-out Phase Drawing So Far

Image

Hasil undian babak 16 besar Liga Champions

Gelisah melihat tim anda bertanding di akhir pekan kemarin? Well, gue bertaruh kegelisahan anda tidak cukup sampai disitu jika tim yang anda dukung sedang harap-harap cemas menanti undian fase knock-out 16 besar UEFA Champions League (UCL) atau yang lebih akrab disebut Liga Champions. The waiting was over sejak adzan Magrib berkumandang di wilayah Indonesia bagian barat di hari Senin kemarin. Di Swiss sana pada waktu yang sama, ke-16 kontestan yang tersisa di UCL telah mengetahui lawan mereka masing-masing saat UCL akan kembali digelar akhir Februari tahun depan.

For starter, seperti biasa pengundiannya diatur sedemikian rupa agar runner-up grup bertemu dengan juara grup, dan tim yang berasal dari satu negara tidak diperbolehkan untuk bertemu di tahap ini. Maka ketika kejutan pertama datang dari Machester City yang akan ditantang Barcelona, semua orang beramai-ramai mengasihani City yang kali ini ketiban sial di babak 16 besar. Seolah kesialan City setelah dua musim berturut-turut tidak lolos dari fase grup berlanjut ke musim ini dengan dipertemukannya mereka dengan Barcelona. No need to explain Barcelona, everybody knows how good they are. But hey, City tidak akan membiarkan Barca lolos dengan mulus. Gue malah merasa yakin para suporter City di luar sana tidak sedang berhalusinasi jika mereka sesumbar bahwa City akan mampu menyingkirkan Barca dan melenggang ke babak selanjutnya. Terdengar sombong memang, tetapi melihat performa apik mereka akhir-akhir ini, mimpi suporter mereka pun rasanya akan menjadi kenyataan. Unless City destroys themselves during their preparation to face Barcelona, of course.

Kejutan kedua menjadi milik AC Milan yang bertemu dengan Atletico Madrid. Lima musim berturut-turut dalam UCL mereka selalu berurusan dengan klub asal Spanyol. Dua musim diantaranya mereka dijegal langkahnya oleh klub yang sama, yakni Barcelona. Semua penggemar sepakbola tentunya sudah mengetahui betapa Milan selalu dibuat sengsara oleh klub-klub Spanyol. Kali ini mereka berurusan dengan klub selain Real Madrid dan Barcelona, yakni Atletico Madrid. Milan harus bersikap serius dalam menghadapi lawannya karena performa Atletico sedang berada jauh diatas Milan yg sekarang terseok-seok di Liga Italia. Jika mereka bergurau seperti apa yang sedang mereka lakukan di Liga Italia musim ini, mungkin Milan memang (masih) harus rela tersingkir lagi oleh another Spanish club.

Kejutan ketiga sekaligus terakhir adalah Arsenal yang berjumpa dengan sang juara bertahan, Bayern Munchen. Dua klub yang sama-sama sedang memimpin klasemen di liga masing-masing dengan penampilan mereka yang impresif (well, minus kekalahan Arsenal 6-3 dari Man.City) juga klub yang sama-sama di huni oleh beberapa pemain timnas Jerman. Menarik untuk ditunggu akan seperti apa duel lini tengah Arsenal yang di kawal Mesut Ozil dengan Mario Gotze atau Bastian Schweinsteiger (jika sudah pulih) di Bayern Munchen. Pertemuan antara keduanya tak ubahnya perang saudara dari kubu timnas Jerman.

Untuk pertandingan-pertandingan lain relatif ‘biasa’ jika dibandingkan dengan tiga kejutan di atas. Dari pertandingan Olympiacos vs Manchester United, Bayer Leverkusen vs Paris Saint-Germain, Galatasaray vs Chelsea, Schalke vs Real Madrid, dan Zenit St. Petersburg vs Borussia Dortmund, mungkin hanya Galatasaray vs Chelsea yg begitu banyak menarik perhatian. Laga yang akan bertajuk reuni mantan bos dan mantan anak asuhan antara Didier Drogba dan Jose Mourinho ini memang layak ditunggu. Apalagi Galatasaray telah lolos susah payah dengan mengalahkan Juventus di matchday 6. Sudah barang tentu mereka akan bekerja keras guna melanjutkan perjuangan untuk melaju ke babak selanjutnya.

Diluar isu pengaturan UEFA terhadap undian babak 16 besar UCL ini (yang sudah menjadi rahasia umum BTW), pertandingan-pertandingan tersebut tetap akan ditunggu para penggila bola terlebih mereka yang menasbihkan diri sebagai fans dari klub-klub yang berlaga. Gue sendiri menanti kiprah Manchester United yang semoga tahun depan performanya akan semakin meningkat. Jadi walaupun harus menunggu sampai akhir Februari, akan sangat worth to wait jika United berhasil meningkatkan penampilan mereka di liga domestik. Olympiacos wouldn’t be so hard to beat if United succeed to get their top performance.

In the end I only can wish “May the best clubs proceed to the next round.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s