Buah Jeda Internasional

Image

Kim Bo-Kyung dan para pemain Cardiff City merayakan gol penyeimbang ke gawang United di menit-menit akhir. (pic taken from @RedMissDevil)

 

Mayoritas penggemar Manchester United pasti kecewa dengan hasil pertandingan semalam. Setelah menunggu selama dua minggu untuk kembali menyaksikan pertandingan klub sepakbola kesayangan mereka, United hanya bisa memberikan hasil imbang. United tidak mampu mempertahankan keunggulan di menit-menit akhir pertandingan setelah pemain pengganti Cardiff City, Kim Bo-Kyung melesakan gol penyeimbang. United pun pulang dengan satu poin dan kegagalan melewati rival tim papan atas lain untuk menduduki posisi ke empat.

Banyak yang menuding kegagalan United meraih kemenangannya di EPL pekan ke-12 ini akibat komposisi permain yang diturunkan tidak mumpuni. Beberapa rekan gue di media sosial bahkan menuduh beberapa pemain atau bahkan hanya seorang pemain atas penyebab hasil imbang ini.

United berkunjung ke Cardiff memang tidak membawa pasukan terbaik mereka akibat badai cidera yang melanda. Setelah sebelumnya dua pemain pilar Rafael dan Nemanja Vidic dihantam cidera, maka jeda internasional memperparah keadaan skuad United. Michael Carrick harus menepi setidaknya beberapa pekan kedepan akibat cidera yang didapat saat hendak membela Inggris di pertandingan persahabatan. Pun begitu dengan RvP. Dirinya mengalami cedera saat latihan bersama Belanda sebelum pertandingan persahabatan mereka dengan Jepang. Lain cerita dengan Phil Jones dan Shinji Kagawa yang harus menepi karena cidera yang mereka dapatkan setelah membela tim nasional masing-masing dalam sebuah pertandingan persahabatan. Sebagian nama yang diumumkan mendapat cidera merupakan inti dari roda permainan yang bisa membawa United menang dari Arsenal di dua pekan sebelumnya. Maka serangkaian cedera itupun menimbulkan kepanikan diseluruh lapisan penggemar United.

Semalam United memasang Chris Smalling, Rio Ferdinand, Johnny Evans, dan Patrice Evra di belakang, Antonio Valencia, Adnan Januzaj, Marouane Fellaini dan Tom Ceverley yang didapuk sebagai pengontrol permainan, sementara duet striker diisi oleh Wayne Rooney dan Chicharito. Di sini gue tidak akan membahas soal bagaimana United bermain dan bagaimana United mencetak gol, tetapi bagaimana gawang David De Gea bisa bobol dua kali. Gol pertama Cardiff City dicetak oleh mantan pemain akademik United, Frazier Campbell akibat kesalahan marking Evans. Gol kedua lebih menyesakkan lagi. Terjadi di menit ke-88 setelah Cardiff dihadiahi tendangan bebas akibat pelanggaran Smalling.

David Moyes kecewa, para pemain kecewa, gue juga sama kecewanya dengan kalian penggemar United atas raihan ini. Namun menyalahkan satu pemain atas hasil imbang ini juga tidak dibenarkan. Jika diterawang dengan akal sehat, Moyes memang tidak punya pilihan selain memainkan pemain-pemain yang ada di lapangan semalam. Sebusuk apapun lini belakanh atau tengah United bermain, Moyes todak punya cadangan yang setara dengan pemain-pemain yang dilanda cidera itu. Gue pribadi bisa mengerti mengapa Moyes masih memainkan Smalling sebagai bek kanan atau bahkan memainkan Ferdinand yang sudah lama tidak bermain. Fellaini yang permainannya belum menyatu dengan United pun terpaksa dimainkan sejak menit awal bersama Cleverley yang juga baru sembuh dari cidera.

Apa yang gue coba katakan di sini adalah kita tidak bisa begitu saja menuduh pemain atau pelatih atas hasil sebuah pertandingan tanpa melihat kenyataan yang kali ini menunjukan bahwa beberapa pemail pilar United absen karena cidera. Toh dengan hasil ini, United bisa pulang dengan satu poin dan posisi enam di klasemen sementara. Itu masih lebih baik daripada sebuah kekalahan tanpa poin. Juga apresiasi untuk Moyes yang bisa membawa United menjalani pertandingan ke-10 tanpa kekalahan. Walau kemenangan merupakan hal yang penting,  tetap konsistensi adalah hal yang krusial untuk United dimasa-masa transisi seperti ini. So Keep the Red Flag Flying High like you always sing along the match, my fellow United fans. Whatever the result is.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s